Sabtu, 19 Februari 2011

Puncak Suroloyo,(Negri para DEWA)

Negri Para Dewa... Surga para Pertapa..
Puncak Suroloyo yang merupakan salah satu Obyek wisata di Kabupaten Kulonprogo Provinsi DIY yang memiliki pesona keindahan segaligus wisata yang mengandung banyak mitos dan mistik. Puncak Suroloyo dianggap sebagai tempat tertinggi semasa jaman kerajaan Mataram. Para Dewa diyakini berada di Puncak tertinggi suatu tempat, sehingga Puncak Suroloyo direpresentasikan sebagai kediaman Para Dewa. Sebagian masyarakat Jawa percaya, jika ditarik lurus dari utara ke selatan, kemudian dari barat ke timur di atas pulau jawa, maka akan bertemu di Puncak Suroloyo. Orang Jawa menyebutnya dengan kiblat pancering bumi (pusat dari empat penjuru) tanah jawa.

Gunung sumbing dari view Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di kawasan pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewau yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang memiliki pemandangan indah nan mempesona. Hal lain yang membuat tempat ini istimewa adalah jika cuaca cerah, biasanya pada pagi hari orang bisa memandang empat gunung besar di Jawa, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Dari tempat ini juga kemegahan Candi Borobudur yang berada di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas.pesona puncak Suroloyo terletak di dusun Keceme, Gerbosari, kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Ada dua jalur untuk bisa mencapai tempat ini yakni jalan Godean – Sentolo – Kalibawang dan dari jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Namun, udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa indahnya akan mengobati.

Sunrise di suroloyo

Menikmati Puncak Suroloyo sebaiknya dilakukan pada saat matahari terbit hingga di bawah pukul 10.00. Pada waktu-waktu tersebut keindahan akan lebih terlihat maksimal terlihat, terlebih jika langit dalam keadaan cerah. Untuk menikmati keindahan Puncak Suroloyo, pengunjung harus berjalan menanjak lebih dari 160 meter, dan melalui undakan anak tangga 286 buah dengan sudut kemiringan antara 30 -60 derajat. Dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan air laut, orang akan termanjakan dengan fasilitas dan tiga buah gardu pandang yang mempunyai nama sendiri-sendiri, yaitu Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

saat ini telah tampak bukti yang cukup serius dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo Untuk membenahi Kawasan Puncak Suroloyo yang membuat Puncak Suroloyo semakin terlihat cantik dan indah. Di Kawasan sekitar areal parkir sudah dibangun fasilitas penerangan dengan Tenaga Matahari, sehingga meski listrik PLN padam lampu penerangan tetap berfungsi dengan baik.

Fasilitas menarik lain adalah dibangunnya menara suar di kawasan puncak Suroloyo. Menara suar dilengkapi dengan lampu berkekuatan tinggi yang didesain bisa berotasi 360 derajat sehingga dapat dilihat dari jarak yang jauh dan menambah keindahan puncak suroloyo. Meski pada saat kunjungan ini lampu menara suar di Puncak Suroloyo belum beroperasi tetapi sudah terlihat anggun dan indah. Selain Lampu yang berotasi dilengkapi juga dengan lampu penerangan yang mengarah ke jalan naik Puncak Suroloyo.Banyak pengunjung yang sengaja menyempatkan diri mengunjungi Puncak surolooyo pada dini hari atau menginap untuk melihat keindahan Sunrise di pagi hari. Pada Sore hari tidak kalah banyak pula pengunjung yang datang untuk menanti Sunset dari Puncak Suroloyo. Dengan demikian pengunjung akan lebih nyaman berkunjung ke Puncak suroloyo Pada Malam Hari, atau pada saat gelap

Menara Suar Puncak Suroloyo

Menara Suar Puncak Suroloyo

Jalan Menuju Puncak Suroloyo

Jalan Menuju Puncak Suroloyo dilengkapi Lampu Penerangan

Selain Fasilitas penerangan pada puncak alam suroloyo, di sepanjang jalan naik ke puncak Suroloyo sudah dilengkapi pula dengan lampu penerangan yang cukup dan menambah keiindahan kawasan suroloyo. Beberapa sisi jalan naik yang rusak juga sudah diperbaiki walaupun masih ada yang masih rusak dan cukup berbahaya bagi pengunjung.

Puncak Sariloyo Dari Bawah

Puncak Sariloyo Sisi Lain Suroloyo

Fasilitas lain yang tidak kalah menarik berada pada puncak Sariloyo, Puncak Sariloyo merupakan sisi lain dari Suroloyo yang letaknya di sebelah Barat Puncak Suroloyo. Di area ini telah dibangun fasilitas Flying Fox yang bisa membangkitkan adrenalin kita. Bermain Flying Fox diantara tebing dan jurang yang cukup dalam di Puncak Suroloyo merupakan tantangan sekaligus memiliki keasyikan tersendiri. Pemandangan ke arah Puncak Suroloyo dari titik ini benar-benar luar biasa. Sangat indah dan mempesona. Selain ke arah puncak Suroloyo pemandangan indah juga dapat dilihat ke arah Samigaluh dan sekitarnya.

Lintasan Flying Fox dari Puncak Sariloyo

Lintasan Flying Fox Dilihat Dari Puncak Sariloyo

Dari sisi insfrastruktur jalan, pihak pemerintah daerah Kulonprogo juga mulai menambah lebar jalan yang menuju kawasan Puncak Suroloyo. Meski belum semua jalan diperlebar tetapi sudah cukup menunjukkan keseriusan Pemkab Kulonprogo menggarap Puncak Suroloyo. Memang sangat sayang jika potensi besar keindahan Suroloyo tidak digarap secara serius, tidak akan banyak orang yang datang dan menyaksikan keindahan Suroloyo. Dengan penambahan beberapa fasilitas dan perbaikan infrastruktur jalan menuju Puncak suroloyo, niscaya akan semakin ramai kawasan ini. Sukses untuk Pemkab Kulonprogo.

Puncak Suroloyo Dari Sariloyo Puncak Suroloyo Dilihat Dari Sariloyo Selamat berkunjung ....... Sumber :Tukangsapu.web.id, kab.kulonprogo.go.id

Tidak ada komentar: